Holiday edisi JATIM PARK


Momen traveling selalu mengesankan bagi setiap orang, setuju pe- mir- sa...?? apalagi kalo gratis asyik yaaa.. 
Naaah perjalanan pertama kami kali ini berbayar, tapi super irit , dan sudah lama dinanti nanti, karena tabungan jalan jalan ini sering terpakai kebutuhan yg lebih urhen heheh...
.
.
Sebelum mulai booking ini itu pertama-tama eik buat anggaran biaya umum (Transport, penginapan, Tiket wahana, Makan, dll ).
Selanjutnya baru  pilih tujuan wisata, karena kali ini ada tamu balita , tujuan wisata tak lain tak bukan adalah yg menarik minatnya, seperti anak saya, sangat tertarik dengan hewan hewan jadi nampaknya cocok  kalau kami bawa ke taman satwa. Sudah dipastikan umurnya pas, bisa menikmati perjalanan biar minim rewel. anakku umurnya 3++  waktu itu.

Pilih Moda Transportasi, untuk Kereta Api  balita umur 3 tahun sudah diwajibkan membeli Tiket harga sama seperti tiket dewassa, karena mendapatkan tempat duduk sendiri.  Untuk Pesawat Udara umur 2 tahun sudah harus membeli Tiket, harganya biasa 50% dari harga orang dewasa.
Pilih Waktu perjalanan dan cuaca , Upayakan jadwal tiba di tujuan , mendekati jam checkin penginapan, agar waktunya efektif. Pilih bulan dan tanggal yang sekiranya orang tidak berpergian ke tempat wisata, bulan februari sampai april masuk low season. Hindari tanggal merah dan long weekend. Perhatikan juga cuaca untuk musim penghujan.
.
.
Yaaak Perjalanan dimulai , kami menggunakan moda transportasi kereta Api , karena ini yang termurah, selain itu balita satu ini penggemar berat KAI.       
Tiket dipesan dua atau tiga minggu sebelumnya melalui aplikasi resmi KAI. Ini harga termurah yang didapat setelah survey ke berbagai aplikasi dan web penyedia jasa pesan tiket.
Kami pilih bulan februari pertengahan, alhasil kereta pun kosong , maaf bisa numpang selonjoran di tempat duduk lain. Maklum perjalanan ini ditempuh selama 16 jam.
Harga tiket termurah tipe kelas X (KA GAJAYANA) , Gambir-Malang pukul 16.50, tarif IDR. 270.000,-. Untuk kelas X tersedia 6 seat, 2 paling depan sisi kiri dan 1 di sisi kanan , lalu 2 paling belakang sisi kanan dekat toilet dan 1 sisi kiri. Pilihlah seat paling belakang dekat toilet (kondisi toilet aman bau) karena ruang untuk kaki lebih lebar daripada seat depan.
Walau disediakan selimut oleh KAI , Bawalah Jaket bagi yang tidak tahan dingin karena AC nya ekstra dingin menurut saya. Kami bawa makanan dan minuman dari rumah, nasi nugget, nasi sosis, roti isi dan camilan. Pastikan obat obatan lengkap, Jaket, topi dingin, kaos kaki. Tersedia Resto di KAI, menurut saya harganya biasa mahal, seporsi bakso instant, dan aneka nasi harga di banderol IDR.25,000. Untuk sholat disediakan mushola digerbong KA, bagi muslim yang mau sholat bawa perlengkapan sholatnya ya.
.
.
Sampeeeeee di kota Bakwan ,
Pukul 09.00 H+1, senang rasanya keluar dari gerbong bisa meluruskan yang bengkok hehehe... Pintu keluar utama ada di sisi kiri stasiun, kami langsung keluar menuju ke seberang stasiun , disana ada taman jajan pasar yang menjajakan kuliner khas kota keripik  buah ini. Ada sekitar 20-25 kios makanan ditambah playground ala ala di area taman. berhubung sudah masuk waktu branch, jadilah pesan bakwan malang walau dijakarta banyak tapi kali ini berbeda rasanya, suami pesen nasi pecel wader IDR. 12K, sedangkan si balita pesan soto, murah meriah kenyang IDR.8K sudah plus nasi, alhamdulilah. Iriiiiit
Urusan perut aman , langsung pesan taxi online, meluncur ke penginapan dari stasiun ke hotel sekitar 30 menit perjalanan, memang agak jauh dari jalan raya , tapi atmosfer nya sangat menenangkan, bangunan bergaya arsitektur hindia belanda. Check-in, lalu rebahan sebentar di ruangan dengan desain kamar minimalis, kemudian tour dimulai.

Dihari yang sama , pukul 14.00 Jadwal tour pertama adalah Jatim park I , perjalanan hotel – Batu ditempuh 45 menit, kompleks JATIM PARK I terdiri dari :             
 ◊ The bagong adventure
Museum tubuh, berisi replika organ tubuh manusia dalam ukuran besar, di desain seolah olah kita masuk kedalam tubuh manusia mulai dari otak, mulut , mata sampai ujung kaki. Buka paling awal diantara wahana lain pukul 09.00 s/d 16.00 wib

◊ Jatim Theme Park
Kurang lebih seperti dufan, ada waterboom , diorama sejarah, pengetahuan etnik nusantara, dll. lokasinya bersebelahan persis dengan museum tubuh (bagong adventure). Lebih lanjut cek di https://jtp.id/jatimpark1/peta

◊ Museum Angkut 
koleksi berbagai alat transportasi darat dan udara, dari berbagai era. lokasi kira kira 2km dari museum tubuh dan disediakan shuttle , buka pukul 12.00 s/d 20.00 wib. https://jtp.id/museumangkut/



Untuk semua wahana tiket bisa dibeli di loket yang tersedia, namun saya memilih beli tiket online di https://jtp.id, karena sering ada promo musiman. Download peta kawasan dari link diatas, perhatikan  jam buka Jam buka tutupnya, agar dapat gambaran. Untuk pembelian online, lebih dulu tukarkan tiket ke loket layanan pelanggan . 
Sayang kami tidak menyelesaikan tour museum tubuh, karena sang balita takut ,pencahayaannya yang temaram, membuat kesan seolah berada di dalam gua. Tour berakhir di zona Gigi dan Mulut.

Next Museum Angkut, naik shuttle yg sudah disediakan, parkir di depan JTP1. Areanya lebih luas siapkan stroler si balita, bagi yang membawa Camera dikenakan biaya IDR.25,000 tapi sepadan dengan foto foto ciamik yang bisa kita ambil.
Untuk rest area dan ada pasar terapung yang menjajakan aneka makanan dan minuman , letaknya diseberang pintu masuk utama. Museum angkut menerapkan sistem 1 pintu masuk dan 1 pintu keluar,  ini ditujukan agar setiap pengunjung dapat menikmati tiap koleksi tanpa melewatkannya. Lantai demi lantai, tematik country dan berakhir di pintu keluar menuju pasar apung. Tour hari ini selesai pukul 20.00 wita, berarti cukup 4jam mengelilingi museum. Si balita pun cukup menikmati karena ada helikopter yg bisa dinaiki, repelika pesawat RI, ada roket , kereta kencana, london bus.
.
.
Senin di kota Aneka keripik buah 
Habis sarapan terbitlah renang, dari kemaren sore begitu tiba di hotel si tamu VVIp ini udah gatel pingin main air. Akhirnya berenang cantik dulu yaaa. Jam 09.00 taxi online datang menjemput. Tujuan di hari kedua adalah Jatim Park 2, komplek ini terdiri dari : 

◊Eco greenpark
Taman ramah lingkungan ini buka dari pukul 09.00 -17.00 wib. Kita disuguhi  dengan pengetahuan bagaimana cara menjaga lingkungan (mengolah sampah, menggunakan air secara bijak, mengolah tanah , membuat biopori dll). Walking bird untuk menikmati koleksi satwa burung yang eksotis. Insect house yang mengkoleksi bermacam serangga hidup. Ada juga eco science center. Bagi yang ingi memberi makan hewan , cukup beli pakannya seharga IDR.2500 



Museum Satwa
Ini bagus, bagi yang baru pertama kali berfoto di luar museum akan terlihat seperti sedang berada di luar negeri. Pilar pilar bangunan yang besar dan gajah warna-warninya. Museum satwa terbesar dan terlengkap di Indonesia ini, salah satunya menyajikan replika tulang dinosaurus, koleksi serangga , ubur ubur raksasa yang sudah diawetkan, sampai beruang kutub dan beruang grizzly. Balita yang tertarik dengan hewan hewan akan sangat senang melihat koleksi beruang. Atmosfer di dalam museum terbilang nyaman. 


Batu secret zoo
Menurut saya, kebun binatang kali ini yang terlengkap (tidak untuk dibandingkan dengan Negara lain), luas, rapih tatanannya, bersih, dilengkapi playground anak dan taman bermain air. Saking Luasnya kami yang mulai masuk pukul 13.00 masih kekurangan waktu, tidak semua koleksi sempat dilihat karena sudah waktunya tutup pukul 17.00 wib. Unduhlah peta wahana di https://jtp.id dan bertanyalah pada petugas agar maksimal menikmati taman satwa ini.
Ingat kereta dorong (stroller) adalah harus . Balita cepat bosan walau di tempat hewan yang iya sukai. Kami langsung menuju Zona Aquarium dan tadaaaa...bintang lautnya banyak, suka suka suka, si balita penggemar berat binatang berbentuk bintang ini. Puas deh berfoto bersama mereka.


Selanjutnya surganya anak anak , taman bermain air. Targetkan bermain air serta bilas cukup 1 jam, udara yang dingin membuat, sang pendamping (Ayah) tak bisa berlama-lama, bagi Ibu bisa menjaga tas di area foodcourt.
Dilanjutkan menonton pertunjukan singa laut. Sejauh ini sang balita masih menikmati suasana. Saat menonton terjadi hal menyedihkan bagi saya , biasanya sebelum artis utama W&L muncul ada band pembuka , saat itu show dibuka oleh sepasang linsang, Nah sang pelatih linsang ini menurut saya agak kasar perbuatannya kepada si linsang, entah mungkin sang pelatih sedang lelah, atau kesal, bosan, tapi tak seharusnya ia memukul hewan saat mereka tidak menuruti instruksi si pelatih.

Tak jauh dari tempat pertunjukan W&L , ada counter menunggang kuda poni, sang Balita pun ikut naik. Lagi-lagi terjadi, salah satu pawangnya tertangkap mata saya menendang sang Kuda, entah maksudnya bercanda atau serius tapi yang jelas raut wajah sang pawang tampak sedang kesal.  Sedih, maafkan aku hewan-hewan karena secara tidak langsung saya turut mengeksplorasi kalian, dengan mendatangi dan menikmati kebun binatang ini. 
Bagi yang ingin merasakan menunggangi Unta disini juga tersedia namun hanya di hari sabtu dan minggu.

Berikutnya ada safari farm , sekitar 20 menit kita akan dibawa berkeliling dengan kereta gandeng untuk melihat dan memegang dan memberi makan beberapa hewan liar khas padang pasir (lama, Rusa , unta , dkk) tidak perlu khawatir , walau bertatap muka langsung , hewan hewan itu sudah jinak.

Sangat disayangkan , petualangan sungai belum sempat kami jelajahi, begitu pula baby zoo, karena waktu yang tidak mencukupi. kami memulai penjelajahan di sini sekitar pukul 13.00 sedangkan pukul 17.00wib sudah tutup. 

Bagi yang ingin menghabiskan malam menikmati suasana hutan bisa memilih penginapan pohon Inn yang berada satu bangunan dengan taman satwa.

 sekian dulu ya ceritanya, InshaAllah ada rejeki bisa jalan jalan , liburan lagi .
Nikmatilah hidup hari ini karena esok belum tentu ada, salam Olahraga

2 komentar:

Marantina mengatakan...

Wah baru dengar.. ternyata Parakan ada di Temanggung. Seru ya banyak tempat wisata di Jatim. Pengen deh ke Malang dan Batu

simple fingerboard mengatakan...

Pasar entho favoritku...

About Julia

Foto saya
Masih Terus belajar menjadi manusia yang baik. “Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (17:7)