Sikecil Suka sobek sobek kertas?? Mama tahan dulu marahnya.

by - 31.10.18


Main Apa Kita hari ini ma......?
.
.
Namanya juga anak anak yah, sebagian besar dalam pikiran mereka hanya bermain, makan coklat ,permen , eskrim, dan memiliki bermacam macam mainan.
.
.
Ibu dirumah pun harus kreatif , agar bisa bermain dan belajar bet sang buah hati. Jangan sampai kehabisan ide yah hehe....
.
.pulang menginap dirumah sepupunya, Kei  minta dibelikan bet ping-pong 1 set. Lalu saya bertanya Kei bisa main ping pong, kamu mau main itu?
Ternyata Ia meniru sepupunya Yang berumur 3 tahun sudah bisa main lempar tangkis kok bukutangkis menggunakan bet ping-pong.
Dan sepupunya Yang 6 tahun sudah major bermain bukutangkis. Sedangkan Kei Belum bisa Dan tak mengerti, karena MamPap belum mengajarkan main bukutangkis maupun ping-pong, maafkan Kami naaak ☹️.
Akhirnya untuk mengobati kekecewaan Kei, saya ajak main ping-pong ala ala, bolanya pakai bola mirip Bola ping-pong  tapi lebih kecil dan betnya saya pakai spatula kayu dari koleksi dapur mama Lia , hehehe ... Boleh lah yaa idenya. Kami main di lantai sambil duduk lalu Bola di oper dengan spatula , pihak di seberang menangkis Bola , begitu seterusnya.
.
.
Hari berikut nya, mulai bosan dengan Bola Bola,
Main apa kita hari ini ma......?
Tik  tok tik tok Mama putar otak Cari ide....
apa yaaaa....

Sejak mengenal yang namanya gunting, Kei suka sekali eksplor dengan gunting, kertas di gunting, plastik, sampai meja kayu, dia bertanya ma, ini boleh di gunting?
selain dengan gunting sobek sobek kertas juga dia suka, kertas disobek memanjang kebawah. Kei bisa anteng 10-15 menit dengan sobek menyobek itu. saya biarkan selama medianya ada.



Lihat kertas kertas bertumpuk hasil exhibition kemaren cuss kita main sobek sobek kertas yuuuuk...
sengaja saya simpan kertas bekas, jika suatu saat Ia minta main sobek sobek lagi.
.
.
Nah dari sobekannya kertas tadi daripada dibuang tak berarti Kita buat sesuatu yuk. Hiasan Dari kertas daur ulang, Ini Persiapannya.

∆ kertas bekas Yang sudah di Sobek-sobek , atau gunting gunting yang penting sampai hancur berupa remah remah kertas kecil lalu beri air.

∆ pastikan semua kertas sudah terendam air.  Sudah basah semua dan menjadi lembek  lalu haluskan jadi bubur kertas . Bisa diblender, diulek , dimixer atau di remas remas tangan juga bisa.

∆ siapkan cetakan , mainan cetakan pasir Ok, cetakan ager-ager Ok, Yang penting berbentuk yaa ma , bisa bentuk hewan , alat transportasi dll.

∆ Bubur kertas Yang sudah halus sharing, tiriskan airnya. Lalu bagi jadi 3 bagian, atau lebih , beri pewarna makanan. Larutkan 1 sendok makan Tepung kanji atau tepung sagu dengan 1 air biasa. Campurkan ke adonan kertas berwarna.

∆ Berikutnya proses mencetak , peras lagi bubur kertasyang sudah berwarna, lalu masukan ke cetakan , tekan tekan sampai padat. Bola Masih keluarair tekan terus sampai air hampir tidak Ada. Lakukan untuk semua cetakan.

∆ Jemur dipanas matahari. Kurleb 1-2 Hari .
Jika mendung bisa letakkan dibelakang kulkas ya.

Jadilah hiasan bentuk hewan laut dari bubur kertas.
Bisa dijadikan hiasan, ditempel di kotak tempat alat alat tulis, celengan kotak Susu,  dll.
.
.
Yuk ajarkan anak anak membuat kerajinan tangan,
Sejak usia dini. Ini bermanfaat untuk mengasah daya imajinasi dan kemampuan kreatifitas anak.
Seperti yang dijabarkan seraphina educational corner, dalam artikel berikut :

https://www.seraphinaeducationalcorner.com/articles/133-manfaat_membuat_kerajinan_tangan_bersama_anak.html
.
.
Semoga bermanfaat , Jika ada kata dan saran Yang tidak berkenan Mohon dimaafkan.🙏
Salam J 

.
.










You May Also Like

4 comments

  1. Kreatif banget mama satu ini. Kereeen

    ReplyDelete
  2. Wah bagus yaaa Mom. Nakami juga memasuki fase lagi pengen tau banyak hal nih. Semua-semuanya dicobain. Boleh juga nih idenya untuk aktivitas bermain anak di rumah, tentunya sambil belajar juga yaaa

    ReplyDelete
  3. Wwwah kreatif banget mba 😍

    ReplyDelete
  4. Waah, iya ya, bisa digunakan lagi kertas-kertas itu.

    ReplyDelete