Nugget Ayam ala mamacalf


Siapa tak Suka makanan kriuk, gurih , aneka bentuk yg satu ini. Mulai dari Anak-anak sampai saya pun suka sama makanan ini 😁😁✌️.
Karena praktis, endollll rasanya, Anak anak tak kunjung bosan , setuju Momshay...
Tapi momsay, panganan satu ini termasuk junkfood lhooo jadi jangan sering sering yaa.
Makanya nih Kita coba bikin sendiri yuk, biar agak sehat hehehe. Jangan sedih kalau sudah jadi pas dimakan Anak kita, mereka bilang "kok begini Ma, rasanya" ??
Itu respon Alami ketika makanan kurang penyedap mendarat di lidah .
.
.
Bahan Yang di perlukan




Baik sebelum mulai mengadon , siapkan :
•Daging Ayam giling , 250gr
•Tepung terigu 1 sendok makan gembung
Tidak Ada terigu ganti dengan roti tawar kupas kulit. 2 lembar untuk Daging Ayam 250gr.
( Roti tawar harus dilumatkan, dihaluskan begitu maksudnya dengan air sedikit aja, jangan terlalu banjir)
•Telur 1 butir
•Gula,garam,lada sesuai selera , boleh di skip kalau tidak Suka pedas, atau Suka yang hambar hehee....
•Keju cheddar parut
•Wortel 1 buah ukuran kecil,  rebus dulu baru parut. Kemarin saya skip.


Bagaimana Memasaknya 

✓ Campur semua bahan kedalam satu wadah, Daging Ayam masuk, Telur, terigu/ roti tawar halus, gulgarlada, keju Dan wortel. Aduk sampai rata, aduk terus sampai menyatu.
Oh ya, saya sebenarnya lebih suka adonan yang pakai roti tawar, karena hasilnya lebih mirip seperti chicken nuggets, tekstur daging dalamnya ya, maksudnya. Lebih berongga dan gembos, hehe apa ya gembos itu bahasanya puff lah. Jika saya pakai Tepung terigu tekstur ya jadi lebih padat dan agak berat.


✓ Wokeh, setelah adonan rapi, siapkan kukusan atau dandang atau apa saja Yang bisa mengukus, rice cooker ok as long bisa steam ^^.  Pindahkan adonan ke wadah Yang tahan panas kukus, lalu kukus hingga 30 menit, sampai 40 menit boleh. Kelamaan lah boros gas euy.
Untuk pengecekan , bisa tusuk pakai garpu jika tidak Ada yg lengket berarti sudah matang. Matikan kompor buka tutupnya. Oh ya selama di kukus harus Dalam keadaan tertutup ya wadah si chicken ini. Agar air tetesan uap tidak jatuh ke adonan.


✓ setelah matang tunggu sampai dingin lalu cetak. Kali mau gampang potong kotak-kotat atau segitiga saja ok. Kalau Ada waktu cetak dengan cetakan mainan pasir buat Anak. Atau cetakan play dough. Cuci dulu peralatan untuk mencetak ya, pastikan steril Momshay..


✓ nah jika si chicken BELUM mau dimakan simpan Dalam kulkas, dibagian atas ya Yang freezer. Jika may langsung leeeb , ambil Tepung roti untuk menggoreng, Telur , minyak goreng siapkan.
✓ balur si chicken ke Dalam Telur lalu giling gulingkan ke Tepung roti crispy. Goreng ke minyak panas api sedang.
.
.
.
Sulamak mencoba Momshay
Salam J

No comments:

Post a Comment