Mengenali dan Mengembangkan Minat Anak


Every Childs is different, Every Child is uniqe and They are Special in Their own way.


Setiap Anak adalah individu dengan kualitas fisik, emosional, intelektual dan sosial yang khusus. Mereka individu yang tidak ada duanya dengan kata lain berbeda-beda satu sama lainnya.
Itulah sebabnya membanding-bandingkan Anak yang satu dengan lainnya tidak dianjurkan, walau masih banyak Orangtua menggunakan cara itu sebagai alat ukur kemampuan anaknya, termasuk saya. Ibu, Ayah yang masih melakukan ini tidak menyadari bahwa mereka menghambat pertumbuhan dan perkembangan mental anak-anaknya.


Beberapa Orangtua ingin menemukan bakat khusus pada anaknya, agar anak tersebut lebih menonjol dibanding lainnya dan otomatis membuat bangga Ibu Ayahnya. Tak jarang, ekspektasi tersebut membebani anak mereka. Jika seorang Anak tidak memiliki satu bakat atau minat yang menonjol , bukan berarti itu akhir dari hidupnya. Biarkan anak menjadi anak, biarkan mereka bebas mengekpresikan apa yang mereka rasakan, menjadi dirinya sendiri,dengan batasan batasan yang ada.



Beberapa minggu lalu beruntung saya diundang menghadiri Mom Gathering yang diadakan Indonesia Montessori dan Nippon Paint. Bertempat di Playground Chipmunk Kota kasablanka, acara ini bertema “How to sparks your Child’s Passion. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Kei anakku, mumpung di playground langsung main sampai puas. Mamah duduk manis deh menimba ilmu.

Pada Hari itu Mom C begitulah Elvina Lim Kusumo biasa disapa, berbagi ilmu tentang bagaimana mengetahui, menggali dan mengembangkan minat Anak atau passionnya.


Bagaimana Mengetahui dan Menggali Passion Anak

Passion adalah sesuatu yang menarik, atau hal yang sangat disukai, bisa juga dikatakan minat akan satu hal yang bisa kita lakukan berjam-jam tanpa merasa bosan. Passion sangatlah penting karena apabila kita melakukan sesuatu hal yang kita sukai, maka kita akan mencari tahu dan mengembangkan apa yang kita sukai tersebut.

Seperti saya sebutkan diatas setiap anak berbeda, unik begitu pula kecerdasannya. Ada delapan kecerdasaan anak menurut beberapa teori ,sedangkan menurut Elvina Lim Kusumo, pendiri Indonesia montessori dan pengarang buku Montessori dirumah, ada 9 area kecerdasan (Matematika logika,bahasa,musikal, kinestetik,visual spasial,interpersonal, intrapersonal, naturalis/alam, dan eksistensial). Dari sembilan kecerdasan tersebut kita sebagai orang tua bisa menggalinya dengan cara bermain dan belajar dalam aktivitas sehari-hari, agar  mengetahui passion anak kita.


Beberapa diantaranya akan dijelaskan dibawah ini, beserta ide aktivitasnya.
Kecerdasan Logika matematika, ditandai dengan menyukai kegiatan menghitung, suka mempelajari sebab akibat. Asah minat sikecil dengan permainan, mengelompokan barang miliknya seperti buku, mainan dll. Bermain hitung benda di sekeliling. jika sudah lebih besarbisa bermain tebak teka teki, mencocokan benda atau bermain kartu. bisa juga menggunakan buku 55 kegiatan matematika dirumah dari Montessori Indonesia.
Kecerdasan linguistik/bahasa, ditandai dengan kemampuannya berbicara secara baik, jelas, dalam menggunakan kata-kata. punya daya ingat yang tajam. asah minatnya dengan kegiatan mendongeng , membaca buku cerita,sering mengajaknya mengobrol,mengunjungi perpustakaan.
Kecerdasan musikal  ditandai dengan kepekaan sikecil dengan nada dan irama, senang mendengarkan musik atau bermain alat musik. Asah minatnya dengan bernyanyi, latihan olah vokal dan kursus alat musik. bisa juga berlatih alat musik buatan sendiri.
Kecerdasan visual spasial , anak dengan minat ini ditandai dengan senang  bermain balok susun, mewarnai, menggambar.Asah minatnya dengan bermain balok bangun, bermain  puzzle, kursus menggambar dam melukis, menggunting dan melipat origami.
Kecerdasan kinestetik/fisik sudah pada tau pastinya, anak anak yang  cenderung aktif bergerak, senang berlari, melompat, dan aktivitas tubuh lainnya. Kegiatan untuk mendukungnya adalah yang berhubungan dengan kegiatan fisik, seperti olahraga, kursus menari bisa juga kursus beladiri.


Ada Minat atau passion Anak yang sudah terlihat sejak dini ada pula yang tidak. Inilah tugas Kita sebagai Orang Tua mencari tau, mengasah dan mendampingi sampai anak anak menemukan minatnya. Tidak instan memang, perlu kesabaran dari satu tahap ke tahap berikutnya yaitu dengan mencoba dan belajar.
Satu waktu anak senang dengan Musik, lalu besok mereka bosan, nah Mama Papa bisa coba lagi sampai 3-4 Kali pendekatan, bahkan sampai 10 Kali. Jika memang Anak tidak berminat dengan musik , maka itu bukan bakatnya dan tolong jangan paksakan. Kita coba lagi temukan di area bakat lainnya.


Selain Orangtua, lingkungan rumah yang sehat juga menjadi faktor penting dalam setiap proses belajar anak. Terutama bagi anak balita , dimana umur bawah Lima tahun adalah usia emas untuk membentuk kepribadian dan menggali minat Anak.
Balita, batita senang mengeksplorasi setiap sudut rumah. Lantai , dinding adalah area terluas dalam rumah dan seringkali menjadi media yang digunakan anak untuk belajar, merangkak, berdiri,berpegangan ketika berjalan, hingga corat coret dinding untuk mengekspresikan imajinasi dan kreativitasnya.
Seperti  gathering tahun-tahun sebelumnya, kali ini Nippon Paint kembali mendukung IMC Gathering sebagai wujud kepeduliannya terhadap tumbuh kembang Anak Indonesia. Selain juga bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (lDI) .



Mengapa rumah yang bersih dan nyaman dapat mendukung tumkem serta mengoptimalkan potensi anak?
Ya jika lingkungan Dalam rumah tidak sehat , mama Anak-anak rentan sakit , sehingga tumbuh kembangnya terhambat. Tak banyak yang tahu, termasuk saya bahwa dinding atau tembok dapat menjadi media perantara penyakit. Beberapa jenis bakteri yang biasa menempel di dinding seperti E-coli, MRSA, staphylococus Aerus, adalah penyebab penyakit yang sering dialami balita. Maka dari itu penting membersihkan dinding rumah secara berkala. Bila perlu melakukan pengecatan ulang.
Karena kenyamanan dan kebersihan di dalam rumah perlu dibentuk agar anak anak terjaga kesehatannya, untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Tiga keunggulan Dinding Nippon paint spot less - plus
✓ Safe touch , cat mudah dibersihkan dari noda
✓ Silver ion , zat yang mampu membasmi bakteri berbahya yang menempel di Dinding.
✓ Clean air, Nippon spotless plus ini, bebas dari
VOC , bukan penjajah Belanda lho yaa... (Volatile Organic Compound ) Yaitu bahan/ senyawa organic yang mudah menguap yang dihasilkan berupa gas dari beberapa bahan padat atau cair.

Bahan organic ini meliputi bermacam-macam bahan kimia yang mana dapat memprihatinkan kesehatan.
Nah sudah tau yah, tak hanya lantai Yang dijaga kebersihannya namun dinding dinding dirumah juga perlu dibersihkan. Bila perlu di cat ulang dalam kurun waktu tertentu.


Semoga bermanfaat
Salam J

6 komentar:

Jade Ayu mengatakan...

iyes memang kita sebagai org tua hrs menggali potensi anak yaaa. krn kan anak beda - beda potensinya

belgie dolbhieshop mengatakan...

Semangat menjadi org tua lebih baik lagi nih, susah bgt utk meninggalkan gadget 🙈

Julia.K mengatakan...

haha.. gadget jadi alat bantu mom bisa juga kok .

Rina Umaraisha mengatakan...

Masyaalloh Tabarakalloh, infonya sangat bermanfaat mbak 😍😍 Siap explore potensi anak² 😎😎

Niwanda mengatakan...

Wah, dari bahannya pun sudah jelas aman, yaa... Jadi lebih tenang kalau mau pakai di rumah.

Juliaskurniawan mengatakan...

Makasih mom Rina.
Iya Mba Leila, Aman untuk anak anak.

About Julia

Foto saya
Masih Terus belajar menjadi manusia yang baik. “Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (17:7)