Mudahnya mengajukan kartu kredit dengan Cermati

“Maaf Bro, sudah tidak pakai lagi”, begitu kira kira percakapan dari seberang telepon genggam yang saya tangkap antara suami dan kawan lamanya.

Setelah dikonfirmasi, ternyata sang suami hendak meminta bantuan temannya terkait penggunaan kartu kredit. Sebagai alat pembayaran pengganti uang tunai yang sah, kartu kredit menjadi andalan para konsumen e-commerce. Karena hampir seluruh situs belanja online menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit.

Seperti halnya Pak suami yang lagi lagi ingin bertransaksi di salah satu situs belanja online luar negeri, terbentur masalah tidak punya kartu kredit. Begitu pula Saya ingin beli barang yang ditaksir karena diskon langka, hanya bisa gigit jari karena tak punya kartu kredit.

Bukan untuk konsumtif semata, alasan belanja disana untuk membeli barang yang tidak ada di Indonesia.
Sejak Ia masih duduk dibangku kuliah beberapa kali melakukan transaksi serupa terbantu karena temannya memiliki kartu kredit. Tak sering , namun ada saja yang dibeli di situs belanja online  luar negeri itu. Sebutlah AliExpress, Alibaba,dan Amazon dan sejenis Ali Ali lainnya.

Sebelum bertransaksi, Ia deal dulu dengan teman pemilik kartu kredit, lalu mentransfer sejumlah dana ke rekening kartu kredit, barulah sang teman membantu membayarkan ke situs online yang dituju. Sebenarnya bisa juga menggunakan pembayaran dengan Paypal tapi ya ujung-ujung tetap dibutuhkan kartu kredit sebagai sumber dana.

Begitulah Hubungan simbiosis komensalisme terjadi bertahun-tahun. Tapi kini sang teman tak lagi menggunakan kartu kredit karena satu dan lain hal.
Hal seribet ini pasti tidak akan terjadi jika suami sudah mempunyai kartu kredit sendiri.

Untuk menjadi nasabah pengguna kartu kredit  seseorang harus mengajukan kepemilikan kartu lebih dulu. Bisa dilakukan dengan cara mendatangi bank penerbit. Bisa melalui tim marketing yang berserak di pusat perbelanjaan. Bahkan di beberapa kantor ada yang khusus didatangi Tim marketing bank penerbit untuk pengajuan secara kolektif.

Sang suami sempat maju mundur tapi tidak cantik , mau mengajukan kepemilikan kartu kredit .
Pertama karena bapak bapak banyak enggannya jika mendatangi Bank .
Belum lagi waktu Kantor yang kurang fleksible sehingga harus meluangkan waktu khusus untuk ke  bank.

Jika dulu orang harus bertransaksi secara bertatap muka dengan mengunjungi bank, namun saat ini  hampir semua tranksaksi keuangan bisa dilakukan dalam genggaman. Melalui perangkat gawai yang Kita miliki tentunya. Tak hanya mengecek saldo dan rincian tranksaksi , mengajukan produk deposito pun sudah bisa dilakukan secara online baik melalui perbankan elektronik ataupun melalui aplikasi. Begitu pula pengajuan kartu kredit.


Adalah Cermati, kata yang muncul dibarisan awal halaman mesin pencari , ketika saya mengetik ' mengajukan kartu kredit'.

Tak hanya produk kartu kredit, KTA, KPR, KKB, sewa menyewa property, sampai asuransi pun tersedia.
Beragam produk keuangan bisa di temukan di Cermati.


Langkah Langkah Mengajukan Kartu Kredit

1. Seperti biasa pengguna harus terdaftar sebelum mulai, lakukan pendaftaran pada website atau aplikasi Cermati.

2. Pilih produk keuangan yaitu kartu kredit , kemudian pilih sesuai kebutuhan. Misalnya kartu kredit khusus traveling, kartu dengan iuran terendah, atau berdasarkan bank penerbit.



3. Isi data yang diperlukan dengan benar.




4. Unggah gambar yang dibutuhkan
Biasanya akan di minta salinan kartu identitas Dan keterangan gaji .

Sebelum melangkah jauh, Cermati akan memberitahukan Jika ada persyaratan yang tidak terpenuhi, sehingga tidak buang buang waktu.




Cermati adalah salah satu platform fintech yang populer akhir akhir ini. Menjamurnya aplikasi pinjaman online bak cendawan pada tempe, membuat Kita harus waspada, teliti sebelum mengajukan produk keuangan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan kartu kredit, pinjaman secara online:

✓Keamanan Data
Pilihlah platform fintech yang aman dan baik reputasinya.  Konsumen wajib memberikan semua data pribadi ke dalam platform tersebut, artinya kita sudah setuju akan hal ini.

✓Pastikan fintech tersebut resmi dan sudah terdaftar di OJK dan BI. daftar fintech resmi dan terdaftar, baik di BI maupun di OJK melalui  melalui website .

✓Mudah dan cepat
Pilihlah platform pinjaman online yang cepat dalam proses serta tidak berbelit belit. Memberikan informasi yang jelas selama proses pengajuan sampai hasil akhir.


Keuntungan memiliki kartu kredit 

• Promo yang ditawarkan.
Ini salah satunya, Bank penerbit bekerjasama dengan merchant memberikan diskon, potongan harga yang menggoda konsumen. Ada juga reward berupa cashback atau promo poin.

• Memudahkan belanja Online
Banyaknya situs e-commerce dengan menawarkan berbagai produk, yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit.

• Mempermudah transaksi di luar negeri
Bertransaksi di luar negeri sudah lazim menggunakan kartu kredit, selain mudah, aman dan lebih terkontrol.

• Mempermudah pembayaran tagihan bulanan seperti Listrik, Air, telepon dll

Sebagai alat bayar non tunai yang notabene adalah kartu utang ini merupakan bentuk pelayanan bagi nasabah yang diterbitkan pihak bank.
Disebut kartu utang karena pada dasarnya bank penerbit meminjamkan sejumlah uang pada nasabah, dimana pengguna harus membayar utang tersebut sebelum tanggal tempo yang ditentukan.

Boleh memiliki kartu kredit yang penting bijak pemakaian dan bayar penuh tepat pada waktunya.


Tulisan ini diikutsertakan dalam "Cerita Merdeka Finansialku bersama Cermati"

41 komentar:

dianisekaring mengatakan...

Wah baru tahu mba ada produk ini.. kalau saya pribadi nggak pakai kartu kredit, tapi suami pakai untuk kemudahan transaksi online.

Niwanda mengatakan...

Penting banget memang yaa, memilih penyedia layanan yang tepercaya. Suka agak ngeri sama aplikasi pinjaman online karena pernah kena getahnya gara-gara teman pinjam dari situ. Kalau Cermati ini berarti terjamin yaa keamanannya.

Fazirotul Firdaus mengatakan...

Aku juga agak kesusahan nih kalo mau belanja di ecommerce atau website luar negeri karena kan rata-rata bayarnya pakai PayP*l dan itu harus pakai CC sedangkan aku gak punya CC. Pas aku lihat beberapa waktu lalu, temen-temenku yg pengguna CC pada dapet cashback sampai 500ribu pas belanja si Shope*. Siapa yg gak pengen coba😭😭

fenni bungsu mengatakan...

Waktu kerja di salah satu website mengenai fintek, cermati ini salah satu fintek yang pernah daku tulis. Tertarik dengan bahasan dan inovasinya yang berkembang mengikuti jaman now

@pohontomat | Triyatni Ashari mengatakan...

Sepertinya sekarang serba mudah ya kalau mau registrasi ini itu. Memang biasanya kalau mau punya kartu kredit itu agak ribet. Thanks infonya Mba

It's nadaauliap! mengatakan...

Wah ini aku baru denger kartu kredit dari Cermati hehe pgn banget bikin kartu kredit apalagi cewe kan ya biar gampang kalo beli beli, tp selalu kepikiran apa beneran butuh atau engga hmmmm jadi galau

Karyati Niken mengatakan...

Intinya dalam bertransaksi yaitu mampu menyelesaikan pembayaran tepat waktu agar tak terjadi tunggakan. Dan hindari menggunakan kartu kredit atau semacamnya untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Simbiosis mutualisme ya mba.

Diaz Bela mengatakan...

Wah aku baru tahu ada layanan ini. Aku pakainya cc konvensional itupun jaraaaaang banget dipakainya. Paling kerasa manfaatnya kalau pas traveling sih.

Diaz Bela mengatakan...

Wah aku baru tahu ada layanan ini. Aku pakainya cc konvensional itupun jaraaaaang banget dipakainya. Paling kerasa manfaatnya kalau pas traveling sih.

herva yulyanti mengatakan...

baru tahu nih ada cermati buat ajuin kartu kredit, kalau aku kebagian konfimasi data sebagai HRD as always mba diteleponin pihak Bank terkait keberadaan karyawan yang ajukan CC wkwkwk entah ya mereka ajuinya kalau pake cermati mungkin aku ga usah ditelepon-telepon lagi :p

retno ayu mengatakan...

Wah baru tau kalo cermati bisa ngebantu untuk bikin kartu kredit. Boleh juga nih nanti dicoba karena suami gak sempet ke bank hehe sibuk banget di kantor, kalo izin bisa2 dicariin banyak orang di kantornya haha

Reezumiku mengatakan...

Semoga menang ya mbak tulisanya untuk lomba CERMATI. Lengkap banget ulasannya dan sangat jelas. Jazakillah semoga keluarga sehat selalu ya, mbak Julia.. hehe

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Sekarang tuh semakin banyak ya jasa keuangan yang memberikan pinjaman secara mudah, tapi kita juga harus hati-hati sih. Yang paling perlu dilihat kalau ingin melakukan pinjaman tuh, apakah ini legal dan terdaftar di OJK.

Okti Li mengatakan...

Alhamdulillah semakin canggih teknologi semakin mudah ya kita mendapat bantuan. Cukup dengan Cermati, kebutuhan kita bisa dibantu. Semoga bermanfaat di masyarakat ya

tuty saca mengatakan...

wah sekarang pinjaman online semakin gampang ya kak. Selama ini aku selalu nebeng cc temanku kalau mau belanja dari luar negeri

Annisa mengatakan...

Cermati ini layanannya banyak banget ya untuk kebutuhan finansial kita. Aku belum pernah sih nyobain layanan cermati, tapi setahu yang pernah aku kunjungi websitenya, bisa juga pengajuan KTA, buka tabungan reksadana, dsb.Semoga masyarakat dipermudah dengan layanan inj

Elly Nurul mengatakan...

ini artinya pengajuan kartu kredit secara online ya mbak? wah jadi lebih mudah dong ya.. ngga perlu isi form hardcopy dan prosesnya juga ngga lama ya.. jadi ngga harap harap cemas juga ya.. suka nih dengan kemajuan teknologi yang memudahkan semuanya termasuk pengajuan kartu kredit

Finaira Kara mengatakan...

Iya, Mbak, aku juga suka beli-beli via Amazon, di mana meski pakai Paypal juga harus punya CC untuk bisa transaksi. Hampir serupa, dulu pakai CC punya teman, tapi akhirnya pusing sendiri kalau nggak punya sendiri, kan, ya. Lalu pakailah sendiri. Gimana, lagi, sih. Soalnya kalau nunggu barangnya hadir di Indonesia, juga bakalan lama. Tapi, sekarang lagi minimalisir penggunaan CC, sih. Hehhe

Grandys mengatakan...

Kebetulan ak belum punya CC mba karena masih pakai yg punya suami hehe. Mungkin bisa jadi pertimbangan nih dengan Cermati ini

Sara Neyrhiza mengatakan...

makin banyak aja ya produk fintech yang hadir sekarang..semoga penggunanya bisa bijaksana dalam memanfaatkannya.. Meskipun banyak kemudahan, tapi tetap bijaksana atur keuangan

Faradila Putri mengatakan...

Sekarang ga usah keluar rumah pun juga udah bisa ya buat apply kartu kredit. Asal dipakai dengan bijak ya hehehe. Anw ini aman kan ya? Soalnya cukup banyak data pribadi yang disetor via ini.

VibrieVB mengatakan...

Aku gak punya CC loh satu pun tp jadi terinspirasi oengen apply after baca ini :)

heizyi mengatakan...

Enaknya punya kartu kredit tuh bisa dapet harga khusus dan banyak promo ya mbak. Tapi kalo udah banjir diskon, bikip kalap euy. Must-have item nya jadi kelewat. Malah beli barang lain.. hahaha

Valentina Yosnanda mengatakan...

Dulu mau coba bikin kartu kredit cuma belum kesampaian tetapi dari blog ini sedikit paham aku tentang kartu kredit. Makasih kaka

Stafana mengatakan...

Aku dari dulu pengen belanja dari luar negeri dan ga punya kartu kredit :(

Rostiny mengatakan...

Keuntungan punya kartu kredit tuh bisa dapet harga khusus dan banyak promo ya mbak.

Meli Engku mengatakan...

kartu mredit kalau dipakai secara bijak amat sangat membantu, dan menguntungkan ya kak. aku punya 1 aja cukup :)

Auda Zaschkya mengatakan...

Aku belum pernah pakai kredit2 gitu. Malah aku baru tahu ada ini. Bolehlah untuk digunakan nanti..

Farida Pane mengatakan...

Jadi lebih mudah mengajukan kartu kredit ya lewat cermati ini

Inna Riana mengatakan...

makin mudah ya buat pengajuan kartu kredit. kukira bakal ribet. aku emang ga pakai kartu kredit, cukup suami aja dan itu pun jarang dipakai :D
semoga sukses untuk lombanya ya

adhealbian mengatakan...

Penggunaan CC betul banget mempermudah segalanya asalkan tetap bijak menggunakannya saja yah kak ;) thankyou fot sharring ;)

ophi ziadah mengatakan...

waah di cermati ini banyak banget emang ya fitur fiansialnya dan semua bs dialkukan secara online..
makin gampang nih orang bertaransaksi finansia..
tp teteap kita wajib hati-hati yaa

Visya Al Biruni mengatakan...

Betul mbaa. Di e-commerce international biasanya pembayarann pakai kartu kredit yaa. Aku gab pernah jadi beli jadinya hehe. Sah sah aja Kalo Mau bikin kartu kredit yaa asal dicermati banget hehe.

Lidha Maul mengatakan...

E commerce yg di atas itu mesti pake CC ya pembayarannya, gak ada alternatif lain?
Kayaknya saya pernah tahu nih cermati.

TIAN LUSTIANA mengatakan...

Banyak pertimbangan buat bikin CC hehe, untuk saat ini saya belum punya CC dna belum tertarik, thanks informasinya nanti saya sampaikan ke temen yang kebetulan mau apply CC .

Ariefpokto mengatakan...

Kebetulan ada Cermati ya , yg perlu Kartu Kredit. bisa pakai ini. Saya sendiri udah ga pakai CC lagi sih

Ria Fasha mengatakan...

Wah pengajuannya bisa secara online yaa
Btw memang harus bijak mengguNakan kartu kredit Supaya ga boros nantinya

Syaiful BS mengatakan...

Wah iyaa ini mudah banget yaa kak langkah-langkah apply cc-nya. Pasti banyak promonya juga nih hehe

Ida mengatakan...

Iya zaman skrg tuh segala dipermudah ya . pengajuan kartu kredit aja bs online ya. KK skrg tuh emang penting banyak transaksi hrs oke KK..termasuk beli tiket pesawat terbang deh..jd hrs bijak makenya ya.

Grandys mengatakan...

Aku jadi mau belajar lebih sama produk dari cermati ini, karena emang ga punya cc juga sih. Dan kemudahan pembuatannya yg secar online ini pas banget sama kebutuhan jaman sekarang

fenni bungsu mengatakan...

Cermati memang sesuai dengan namanya cermat membantu masyarakat yang membutuhkan