Pentingnya Tabir Surya Dalam rangkaian perawatan wajah sehari-hari

Hampir semua kaum hawa ingin tampil cantik,   dan wajahlah modal utamanya.

Beragam perawatan dijalani ditambah produk-produk perawatan dikerahkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kesehatan kulit wajah dipengaruhi beberapa faktor baik dari dalam tubuh maupun dari luar. Contohnya: Hormon, Usia, Pola hidup, diet, stress, polusi, dan tentunya paparan sinar matahari.

Matahari sebagai sumber energi bagi kehidupan di bumi. Bisa dibayangkan jika tak ada sinar matahari, bagaimana tumbuhan tumbuh, jika tak ada tumbuhan sebagai sumber pangan hewan  lalu bagaimana manusia bisa melanjutkan hidup tanpa makanan yang sebagian besar dihasilkan dari tumbuhan dan hewan. Hal ini juga akan berpengaruh pada  kehidupan di ekosistem Air yang akhirnya akan menimbulkan kerusakan di muka bumi.

Selain sumber kehidupan, sinar matahari juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Paparan sinar matahari diperlukan tubuh untuk membentuk vitamin D secara alami. Kekurangan sinar matahari justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan, seperti  yang disebutkan beberapa portal kesehatan, diantaranya ;
  • Kekurangan vitamin D berpengaruh pada pertumbuhan tulang dan gigi
  • Terhambatnya proses penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh
  • Membuat sistem kekebalan tubuh bekerja ekstra
  • Risiko terkena penyakit jantung , kardiovaskular.
  • Risiko mengalami depresi dan suasana hati yang kurang baik
  • Mempengaruhi kesehatan otot
Itu adalah sederet manfaat yang kita dapat dari sinar matahari, namun ada satu hal yang ditakuti oleh kaum hawa terutama,  yup, berubahnya warna kulit menjadi lebih gelap alias kulit terbakar akibat burning rays. lebih jauh dampaknya bisa menimbulkan flek hitam, penuaan kulit sampai memicu kanker kulit. Selain itu juga berdampak pada kesehatan Mata yaitu Katarak, salah satu pemicu timbul katarak pada mata adalah radiasi sinar matahari. Ternyata menggunakan kacamata pelindung saat beraktivitas disiang hari ada manfaatnya selain untuk estetik.

Sinar matahari mengandung radiasi ultraungu yang lebih dikenal dengan sebutan sinar ultraviolet. Ada tiga jenis radiasi UV (ultraviolet) yang dipancarkan matahari, namun hanya UVA dan UVB yang berpengaruh pada tubuh manusia.

Sinar UVA
Dikenal sebagai aging rays karena radiasinya menyebabkan warna kulit menjadi gelap, keriput, flek hitam dan tanda tanda penuaan kulit lainnya. UVA terdapat pada sinar matahari mulai dari terbit hingga matahari terbenam. UVA dapat menembus kedalam lapisan kulit bagian dalam dan merusak jaringan bahkan ketika berada dalam gedung sekalipun radiasi UVA dapat menembus kaca.

Sinar UVB
Sinar UV B atau burning rays adalah jenis radiasi yang menyebabkan kulit terbakar, melepuh, kering, mengelupas, menghitam bahkan jangka panjang dapat menyebabkan kanker kulit. Meski sinar UV B tidak bisa menembus kaca dan awan seperti sinar UVA , tetapi intensitas radiasinya jauh lebih kuat daripada UVA.

source : Wikipedia



Memilih Tabir Surya
Jika dulu orang hanya menggunakan tabir surya atau sun protection saat akan berpergian ke pantai dan berenang, kini besarnya radisi matahari yang sampai ke bumi akibat lapisan ozon yang berlubang mengaharuskan kita mengenakan tabir surya setiap hari. Idealnya lapisan ozon di atmosfer dapat menyerap sinar matahari sehingga tidak sampai ke permukaan bumi namun karena zat zat berbahaya yang diproduksi oleh manusia, maka lapisan ozon menjadi rusak lalu berlubang. seperti yang saya kutip dari kumparansains.

Tabir surya digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet baik dengan cara memantulkannya atau menyerapnya sebelum mengenai kulit. bicara tabir surya berarti mencari kandungan Sun Protection Factor (SPF). SPF hanya meindungi dari radiasi UVB , sedangkan PA (protection guide of UVA ) melindungi dari radiasi UVA.

Untuk tekstur tabir surya ada yang berbentuk Gel, cream dan ada yang berbentuk lotion. Disesuaikan dengan masing masing jenis kulit. Untuk kulit berminyak Ada baiknya memilih tipe gel.
Ada beberapa jenis dari tingkatan SPF nya, SPF 15, SPF 25, SPF 30, SPF 50.
Penggunaannya, 15-30 menit sebelum terkena sinar matahari langsung dan diulangi Setelah 6 jam Bagi YG beraktifitas diluar ruang. Bagi Momi-momi dirumah seperti maupun  yang Antar jemput anak seperti saya kenakan juga tabir surya.


PicsArt @mamacalf

Source : IG @SkinAqua



Pada dasarnya saya kurang apik dalam melakukan rangkaian perawatan wajah. Intinya saya hanya melakukan perawatan yang umum dan ringkas seperti sabun pembersih wajah, pelembab dan krim malam. Berhubung aktivitas sehari hari hanya didalam rumah, jadi saya menghapus tahap  pemakaian tabir surya.

Beruntung minggu lalu bisa menghadiri beauty talkshow yang diadakan oleh salah satu produk perawatan wajah brand jepang di Indonesia dan komunitas mominfluencer.  Disanalah untuk pertamakalinya saya melakukan tes kulit wajah. Seneng lho pemirsah, bisa skin test secara gratiss ^^, tapi dibalik kegembiraan itu, sesungguhnya saya menyesal karena tidak dari dulu melakukan tes ini.
Setelah tau hasilnya dan dikonsultasikan ke beauty advisor, ternyata wajah ini telah penuh dengan flek-flek hitam, bahkan ada bintik hitam yang saya kira tahi lalat ternyata spots rays efek dari paparan sinar matahari. Dan Yang paling mengerikan Jika ini Sayaterus terjadi bisa menyebabkan kanker kulit. Saya akui dari dulu tidak pernah memakai krim tabir surya.
Hanya foundation, BB cream Yang mengandung SPF.

Source:@mamacalf

Source : @mamacalf

Inilah alasan mengapa penting memakai tabir surya setiap hari bahkan kalau boleh saya sarankan sebaiknya digunakan sejak belia. agar efek kulit seperti saya tidak terjadi pada beauties semua, bersih diluar  tapi penuh bercak hitam didalam lapisan kulit.

Beberapa tahapan yang wajib dilakukan dalam rangkaian perawatan wajah.

• Membersihkan 
tahap mencuci wajah bisa dibilang paling krusial karena tak hanya menghilangkan kotoran setelah beraktivitas seharian, sangat mungkin kotoran menempel dikulit lalu menutup pori pori. Bagi kulit yang sensitif bisa saja kulit meradang sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.
Tahap membersihan wajah: micellar water -- susu pembersih, gel pembersih -- sabun pembersih wajah.
Saat membersihkan wajah lakukan Selama 1-2 menit dengan pijatan lembut seperti gambar dibawah ini, untuk proses pembesihan yang maksimal.

Source: rohto Beauty Talk

•  Hydrating asal kata dari air yang artinya proses memberi air. produk hydrating bertujuan meningkatkan kadar air yang ada di kulit. contoh ultimate anti-aging lotion dari hadalabo, Toner, clear lotion Dan sebagainya.

• Melembabkan
Selanjutnya adalah melembabkan dengan cara mempertahankan kadar air yang sudah ada dalam kulit. Produk moisturizer ditujukan untuk mengunci air tetap ada disana sehingga kulit terasa lembab sepanjang hari.

• Melindungi
Tahap ini tidak boleh dilewatkan, tabir surya harus selalu dipakai setelah perawatan moisture. bagi yang beraktifitas di luar ruang, tabir surya harus diaplikasikan kembali setelah enam jam terpapar sinar matahari atau setelah berkeringat dan mencuci wajah

•Treatment
bisa dilakukan seperti pemakaian Essence, masker , facial rutin sampai rejuvenate.

Nah, bagi yang masih skip skip pemakaian tabir surya (sun protection) yuk segera deh mulai besok pakai. Walau tidak beraktifitas diluar rumah maupun Kantor tetap yah, aplikasikan tabir surya sebelum memakai foundation, BB cream , CC cream atau cushion.

Note: foundie atau cream lainnya yg sudah mengandung sun protect, cream atau gel tabir surya tetap harus dikenakan.


sumber:
Kompas Lifestyle
Alodokter
Wikipedia

#Sunprotection
#Tabirsurya
#Skinprotection
#Emina
#SkinAqua

19 comments:

  1. Biore UV my luv! Nggak pernah keluar rumah tanpa pakai sunscreen biore ini. Teksturnya ringan dan enak bangeet. Udah pakai ini dari lama dan kayaknya nggak akan pindah ke lain produk.

    ReplyDelete
  2. Belum pernah skin check pakai alat khusus tapi pernah dicek sama teman yang punya salon kecantikan, katanya iya ada beberapa spot gelap karena sinar matahari. Ngaku, deh, saya memang suka lupa pakai sunscreen. Melihat banyaknya ragam produk juga kadang bingung sendiri, walhasil sering gonta ganti merek. Kalau sudah dicek langsung oleh pihak yang juga memproduksi produk perawatannya, kan bisa jadi lebih tepat menangani masalahnya, ya....

    ReplyDelete
  3. Dulu aku juga bukan pemakai sunscreen, karena mikir kalau udah ada spf di foundation udah gak perlu sunscreen lagi .

    Alhamdulillah sekarang jadi tercerahkan ,sunscreen gak boleh skip setiap pagi sebelum keluar rumah .

    ReplyDelete
  4. Tabir surya memang menjaga kulit kita dan terlindungi dari sinar matahari. Dan ternyata kalau bisa nggak cuma untuk wajah aja, di bagian seperti tangan dan kaki pun dikenakan juga

    ReplyDelete
  5. Saya sejak skin check, ga berani skip tabir surya lagi mbaak. M

    ReplyDelete
  6. Aku nih mukanya cepet kusam, makanya selalu pakai pelembab tiap keluar rumah. Tapi ga engeh itu ada tabir suryanya ga ya..haha

    ReplyDelete
  7. Padahal aku pengen banget ikut acara ini tapi udah ada schedule yang lain. Aku baru tahu kalau tabir surya harus tetap dipakai ya walaupun foundie sudah ada SPF-nya?

    ReplyDelete
  8. Saya malah lebih memilih pakai sunscreen daripada foundation/BB Cream/CC Cream yang berSPF. Apalagi sekarang banyak pilihan sunscreen yang bisa sekaligus mengoreksi warna kulit, jadi kulit muka tetap keliatan segar setelah pakai tabir surya meski nggak pakai foundie/BB/CC Cream/bedak.

    ReplyDelete
  9. Bener bangettt penting banget itu tabir surya, apalagi aku yg telat bgt pakenya jd udh keburu menggelap kulitnya:( jd menyesal gapake dari dulu

    ReplyDelete
  10. Tabur surya itu kalo kata aku sebagai benteng perthanan kulit wajah akan kejamnya sinar UVA dan UVB akhir-akhir ini kak.

    ReplyDelete
  11. Aku baru nyadar pentingnya tabir surya pas umur udah seperempat abad coba. Aku memang ketinggalan banget. Kemarin cuek2 aja main panas2 tanpa makai apa2 🤣

    ReplyDelete
  12. Saya selalu pakai sunscreen kemana pun, Mbak. Soalnya kulit sensitif gitu sama sinar matahari langsung di waktu yang lama. Jadi, nggak pernah ketinggalan. Ngerasain banget, sih, gimana pentingnya sunscreen.

    ReplyDelete
  13. Bener banget kak.. sunscreen itu penting biar kulit gak terbakar apalagi jadi gelap gara2 UVA.. Btw, UVA itu jauh lebih kejam dari UVB ternyata, bahkan lebih kejam dari ibu tiri hihii

    ReplyDelete
  14. Tabir surya memang penting banget ya kak. Must have item di tas ya. PErawatan dari dalam juga penting banget ni. Semoga bisa ballance ya kita

    ReplyDelete
  15. wah kaytaknya bangus banget ya kak tabir surya dari biore ini udah banyak banget yang nyaranin aku dan skrng kyknya kau yakin setelah baca artikel ini buat coba juga hihi thanks kak infonya

    ReplyDelete
  16. Saya nih, belakangan gak pake sun screen lagi, biasanya pakai day cream aja, karena udah ada spfnya jadilah tu sun screen diskip, hihihih. Kalau di rumah malah gak pakai apapun, huhuhuh, padahal kalau urus jemuran langsung terpapar matahari tuh.

    ReplyDelete
  17. Tabir surya jadi penting banget ya mba buat kulit
    Apalagi yang sering keluar rumah ya. Aku kemarin nyari emina ini susah banget dapat di kotaku.
    Pengen maie dan melindungi kulit juga soalnya.

    Mba saran bikin blognya yang bisa diakses via mobile juga dong hehehhe

    ReplyDelete
  18. Berasa banget deh kemarin pas liburan aku nekad gak pakai tabir surya, pas beberapa hari kulitku kering dan agak gosong jadinya. Sediiihhhhh... Sekarang lagi pemulihan juga nih.

    ReplyDelete
  19. Saya pernah pake sun protectornya emina gitu :')

    ternyata penting juga ya, memperhatikan kulit :')

    besok-besok mau lebih perhatian ke kulit ah, ga ke pacar mulu wgwgw

    ReplyDelete